Skip to main content

Pengertian Dan Contoh Hewan Hermaprodit

Mungkin bagi sebagian orang masih bingung dengan istilah hewan hermafrodit, karena hermafrodit sendiri adalah bahasa latin. Ya hermafrodit adalah kelompok hewan yang memiliki alat kelamin ganda dan keduanya berfungsi untuk bereproduksi. Hermaprodit tidak hanya ditemui pada hewan saja, pada kelompok tumbuhan pun juga ada yang berkelamin ganda atau hermaprodit. Beberapa kelompok tumbuhan yang masuk dalam kategori hermaprodit adalah tumbuhan yang mempunyai kelamin ganda, yaitu putik dan benang sari. Yaitu seperti pohon bunga sepatu atau pohon pohon lain yang memiliki putik dan benang sari.

Dan sedangkan untuk hewan yang memiliki sistem reproduksi ganda adalah hewan yang mampu bereproduksi tanpa mengenal jantan dan betina, biasanya hewan dengan sistem reproduksi ganda antara jantan dan betina tidak bisa kita bedakan. Karena ciri ciri keduanya tidak ada bedanya, seperti bentuk tubuhnya, warna kulitnya, dan lain lain tidak ada bedanya. Apa saja hewan berkelamin ganda tersebut? Inilah 3 hewan hermaprodit atau berkelamin ganda yang ada disekitar kita.



1. Bekicot

Bekicot masuk dalam kategori hewan hermaprodit, hewan ini biasanya akan melakukan perkawinan kemudian menaruh telur telurnya pada suatu tempat dan akhirnya menetas. Di Indonesia bekicot banyak yang dimasak dijadikan sate kemudian dijual ditempat tempat seperti warung HIK/angkringan, namun didaerah Eropa hewan ini tidak boleh dikonsumsi karena takut menularkan bakteri.

2. Cacing tanah

Casing tanah juga masuk dalam hewan berkelamin ganda/hermaprodit. Hewan ini termasuk hewan dari filum Annelida, yaitu hewan yang organ tubuhnya bersegmen. Seperti namanya acing tanah, dia hidup didalam tanah dengan memakan humus atau sampah sampah yang sudah terurai. Hewan ini mempunyai kegunaan, yaitu dia berguna untuk menyuburkan tanah. Selain itu cacing tanah juga mempunyai manfaat untuk kesehatan karena dia memiliki kandungan yang bermanfaat, beberapa kondisi penyakit dapat diringankan dengan mengkonsumsi cacing tanah seperti tifus, diare, melancarkan darah , serta berguna untuk kesehatan sistem pencernaan.

3. Lintah

Lintah adalah hewan dalam filum Annelida dari kelas Hirudinea, hewan ini memiliki ciri tubuh yang bersegmen. Lintah juga masuk dalam kategori hewan yang memiliki kegunaan bagi manusia, karena hewan ini memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk terapi pengobatan. Hewan lintah yang sering digunakan untuk terapi adalah dari jenis hirudo, yaitu hirudo medicinalis yang memiliki ciri tubuhnya berwarna hitam kecoklatan.

Untuk saat ini hewan lintah sering diambil minyaknya untuk pengobatan, salah satu yang terkenal dan mempunyai record baik adalah merk minyak lintah Papua. Selain minyaknya, lintah hirudo juga sering digunakan untuk terapi pengobatan dengan mengandalkan gigitannya untuk mengobati berbagai masalah kesehatan seperti penyakit kulit, jerawat, bisul, dan bahkan diabetes. Jadi anda tidak perlu takut dengan hewan ini, meskipun terlihat menjijikan namun dia mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Nha itulah beberapa jenis hewan hermaprodit yang sering kita temui, cukup sekian artikel yang bertemakan hewan hermaprodit beserta contoh hewannya yang ada disekitar kita dan mempunyai kegunaan. Trimakasih sudah berkunjung diwebsite kami.

Baca juga: mengenal temulawak dan manfaatnya

Comments

Popular posts from this blog

Bahaya terlalu banyak duduk bagi kesehatan

Saat ini merupakan perkembangan zaman, semakin berkembangnya teknologi menjadikan aktifitas seseorang menjadi semakin sibuk. Dijaman ini dan  disaat ini masyarakat tidak hanya disibukkan oleh aktifitas yang menuntut untuk selalu bergerak, namun ada juga aktifitas yang menuntut banyak orang untuk aktif didalam ruangan dalam waktu yang lama sehari harinya dan dengan selalu duduk. Banyak sekali pekerjaan atau aktifitas yang menuntut seseorang untuk selalu duduk setiap harinya seperti pekerja kantoran, pagawai bank salah satunya. Duduk memang terasa nyaman dilakukan, namun jika duduk terlalu lama pasti merasakan jenuh dan tentunya dapat berdampuk tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Dan berikut beberapa bahaya apabila duduk terlalu lama setiap harinya. Penyakit jantung Bahaya terlalu banyak duduk bagi kesehatan yang pertama adalah dapat meningkatkan resiko terkena sakit jantung, hal ini dikarenakan tubuh akan menjalankan sistem metabolisme secara lambat. Sehingga darah yang beredar

Efek samping produk hajar jahanam mesir

Hajar jahanam adalah produk asli dari Mesir yang kegunaanya sebagai obat untuk menunda ejakulasi dini yang dirasakan oleh seorang laki-laki. Produk hajar jahanam terbuat dari herbal alami, yaitu sebuah getah tumbuhan yang dikeringkan. Menurut informasi yang saya dapatkan, tumbuhan yang diambil getahnya itu bentuknya seperti pohon jeruk. Namun tidak jelas jenis tumbuhan apa yang digunakan, karena hanya ditemukan didaerah Mesir sana. Sejak jaman dahulu kala, ramuan hajar jahanam mesir sudah digunakan ratusan penduduk pria dinegara tersebut untuk mengatasi ejakulasi dini. Karena khasiatnya yang begitu ampuh maka akhirnya dikenal diberbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri hajar jahanam juga populer, banyak yang mencari cari ramuan Arab tersebut. Beberapa kelebihan yang dimiliki hajar jahanam adalah harganya yang relatif terjangkau, selain itu khasiatnya juga memang benar benar bisa dibuktikan. Tidak hanya itu saja, kelebihan hajar jahanam yang lain adalah dibuat dari bahan alami te